HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
BULAN JANUARI - JUNI
TAHUN 2019

A.   Latar Belakang
Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan perbaikan pelayanan.
Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media masa dan jaringan sosial, sehingga memberikan dampak buruk terhadap pelayanan di UPTD Puskesmas Majenang ll, yang menimbulkan ketidak percayaan masyarakat.
Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan dengan menggunakan metode dan teknik survei yang sesuai. Survei Kepuasan Masyarakat dilakukan dengan pedoman Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 14 tahun 2014 tentang Pedoman  Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
B.   Maksud dan Tujuan
1.    Maksud
Survei Kepuasan Masyarakat dimaksudkan untuk mengetahui   kelemahan atau kekuatan yang diukur secara berkala sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil serta umpan balik dalam memperbaiki layanan dan masyarakat terlibat secara aktif mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik.
2.    Tujuan
      Survei Kepuasan Masyarakat bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitaspenyelenggaraan pelayanan publik.

DATA
Jumlah responden :
No
Unit Pelayanan
Jumlah
Sampel/Responden
1
Ruang Pendaftaran

61
2
Ruang Pelayanan Umum

52
3
Ruang Pelayanan Lansia

50
4
Ruang Pelayanan KIA

23
5
Ruang Pelayanan KB

18
6
Ruang Pelayanan Gigi

30
7
Ruang Pelayanan Ibu

20
8
Ruang Pelayanan Laboratorium

33
9
Ruang Pelayanan TB

9
10
Ruang Pelayanan Obat

45
11
Ruang Pelayanan IGD

10
12
Ruang Imunisasi

13
Jumlah

364

Data Hasil SKM Unit Pelayanan Tingkat Kepuasan Masyarakat UPTD Puskesmas Majenang II
Kabupaten Cilacap Tahun 2019
No
Jenis Pelayanan
SKM Unit Pelayanan
Tingkat Kepuasan Masyarakat
1
Ruang Pendaftaran
70,49
Puas
2
Ruang Pelayanan Umum
 74,41
Puas
3
Ruang Pelayanan Lansia
70,91
Puas
4
Ruang Pelayanan KIA
70,84
Puas
5
Ruang Pelayanan KB
72,64
Puas
6
Ruang Pelayanan Gigi
74,59
Puas
7
Ruang Pelayanan Ibu
74,59
Puas
8
Ruang Pelayanan Laboratorium
73,19
Puas
9
Ruang Pelayanan TB
72,77
Puas
10
Ruang Pelayanan Obat
72,87
Puas
11
Ruang Pelayanan IGD
74,81
Puas
12
Ruang Pelayanan Imunisasi
71,72
Puas
Jumlah
72,68
Puas

Data Nilai Rata-Rata Unsur Pelayanan UPTD Puskesmas Majenang II
Kabupaten Cilacap Tahun 2019

No
Unsur Pelayanan
Nilai Rata-Rata
1
Persyaratan
3,621
2
Prosedur
3,577
3
Waktu Pelayanan
3,503
4
Biaya / Tarif
3,681
5
Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
3,613
6
Kompetensi Pelaksana
3,723
7
Sikap Pelaksana
3,791
8
Maklumat Pelayanan
3,618
9
Penanganan Pengaduan, Saran Dan Masukan
3,613


Komentar

Postingan populer dari blog ini